taman baluran
image : google.com

Tidak banyak orang yang pernah mendengar tentang Taman Baluran ini. Padahal pesona keindahannya tidak kalah unggul dengan tempat wisata terkenal seperti Raja Ampat atau Bunaken. Ya, Baluran memang bukan pantai tempat orang bisa enjoy dan santai dengan keluarga. Taman ini merupakan Taman Nasional, yang berarti sebuah daerah yang dilindungi dari perkembangan manusia dan polusi.

Di Taman Nasional, hutan dan seluruh isinya dijaga oleh undang-undang. Bermacam vegetasi dan satwa hidup dalam perlindungan taman ini. Ada macan tutul, banteng, kijang, kancil, dan lain-lain. Waktu terbaik untuk mampir ke Taman Baluran adalah pada saat kemarau di mana tumbuhan menguning, dan hewan-hewan keluar dari persembunyian mereka untuk mencari air.

image : google.com

Suasana Kebun Binatang

Suasana Taman Baluran dikira orang mungkin sama saja dngan kebun binatang, tetapi sebenarnya sangat jauh berbeda. Keadaan di sana jauh lebih alami, dan hewan-hewan liar dibiarkan hidup lepas begitu saja. Dengan luar area yang sangat luas (sekitar 25.000 hektar), kita serasa memasuki sebuah dunia yang berbeda karena suasananya benar-benar terasa seperti di Afrika.

Mendengar satwa liar, pikiran orang pun pasti berpikir bahwa berkunjung ke sini pasti berbahaya. Sebenarnya tidak juga, karena ada banyak ranger (polisi hutan) yang selalu memberi petunjuk dan memberikan bantuan. Selain itu, hewan-hewan liar ini juga takut kepada manusia sehingga mereka sering bersembunyi. Kita hanya bisa menikmati mereka dari jauh, dan jika beruntung bisa melihat mereka dengan cukup dekat.

image : google.com

Pos Pengamatan yang Seru

Yang paling asik, Taman Nasional Baluran tidak hanya memiliki pemandangan alam ala Afrika serta satwa liarnya. Taman ini memeiliki begitu banyak tempat asik yang bisa dikunjungi, yang dibagi dalam beberapa pos pengamatan.

Di pos Batangan, kamu bisa berkemah sambil mengunjungi goa peninggalan tentara jepang, makam putra dari Maulana Malik Ibrahim, serta atraksi tarian burung merak pada musim kawin (antara oktober-november).Pada pos Bekol dan Semiang terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, banteng, dll. Terdapat juga fasilitas wisma peneliti, wisma tamu, dan menara yang tinggi untuk pengamatan.

Taman Baluran Indah
image : google.com

Pos Wisata Bahari

Yang paling keren, di pos Bama, Balanan, dan Bilik, adalah pos wisata bahari di mana kamu bisa snorkeling, memancing, dan bersantai ala pantai. Selain itu, pantai indah ini juga memiliki atraksi seperti perkelahian rusa jantan (bulan Juli-agustus), dan atraksi kawanan kera.

Selain itu ada juga pos-pos di mana kamu bisa berperahu dengan tenang sambil menikmati pemandangan bawah air, juga pos di mana kamu bisa memanjat tebing dengan kemiringan 85 derajat.

Taman Baluran yang Indah
image : google.com

Asik banget kan, wisata di tempat yang gak mainstream, sambil mendekatkan diri pada alam, belajar, juga tetep bisa having fun.

Nah kalo kamu tertarik mengunjungi Taman Baluran yang terletak di Situbondo/Banyuwangi ini, maka persiapkan jadwal kamu saat kamu sedang berada di Bali, karena tempat ini cukup dekat dengan dermaga penyebrangan di Banyuwangi. Tapi jika kamu gak pengen repot dengan segala tetek bengek logistik, akomodasi, transportasi, dll, kamu tinggal hubungi kami.

Kamu bakalan dianter sampai tujuan, ditemani guide yang berpengalaman dan ramah, serta bisa having fun bareng. Ayo.

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)