Tulungagung memang tidak seterkenal daerah lain di Jawa Timur, tetapi daerah ini tidak kalah indah dan unik dibandingkan kabupaten lain di Jatim. Sebenarnya Tulungagung memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang keren, sayang masih belum bisa digarap dengan baik oleh pemerintah setempat.

Tulungagung memiliki tujuan wisata alam, wisata pantai, wisata air terjun, wisata candi, wisata budaya, wisata kuliner, serta wisata religi. Bayangin betapa banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di daerah ini. Kalo kamu tertarik ke Tulungagung, atau suatu saat berkesempatan mampir ke sini, baca deh list yang kami buat berikut ini. Daftar ini merangkum daerah wisata pantai yang keren-keren di Tulungagung. Simak ya!

Pantai Lumbung

Kalijaga Tour Pantai Lumbung
image : google.com

Pantai Lumbung memang masih terdengar asing di kuping kamu, itu dikarenakan pantai ini memang belum dikelola menjadi tempat wisata secara maksimal, dan akses jalannya pun juga kurang mendukung seperti halnya pantai-pantai lain yang keren di Tulungagung.

Pantai ini terletak di Desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban Tulungagung. Daerah Pucanglaban berbatasan dengan Samudera Hindia yang menyebabkan pesisir desa ini dihiasi oleh pantai-pantai indah yang sangat eksotis.

Kata orang, berkunjung ke pantai ini serasa datang ke private beach. Karena tidak banyak orang yang berkunjung ke pantai ini disebabkan akses nya yang cukup sulit, serta letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk. Jika kamu butuh ketenangan untuk menikmati keindahan alam, maka inilah pantai yang cocok.

Pantai Kedung Tumpang

Kalijaga Tour Pantai Kedung Tumpang
image : google.com

Sebenarnya pantai ini tidak bisa disebut pantai karena tidak memiliki hamparan pasir layaknya pantai-pantai yang lain. Malahan “pantai” ini hanya berupa timbunan karang yang sangat keras. Tetapi Kedung Tumpang memiliki keunikan tersendiri berupa kolam alami pada batu karang ini.

Kolam, atau kadang ada yang menyebutnya laguna ini, tercipta karena hempasan ombak yang naik sampai ke karang. Hempasan ini sangat kuat selama ratusan tahun sehingga menghasilkan lubang-lubang pada batu karang itu. Lalu, air laut yang terbawa hempasan itu pun tertinggal di dalam lubang-lubang ini sehingga menghasilkan kolam-kolam yang unik.

Untuk berkunjung ke sini, ada beberapa hal yang harus kamu ingat. Antara lain jalannya yang cukup curam sehingga kami sebaiknya berkostum yang sesuai. Disarankan memakai sepatu karena karangnya pun cukup tajam. Selain itu, berhubung taman ini masih sangat alami, tidak ada fasilitas wisata yang memadai kayak resto, cottage, dll. Parkir kendaraan pun masih di lahan pertanian milik penduduk sekitar. Oleh karena itu, sopan santun dan adab harus dijaga betul.

Pantai Coro

Kalijaga Tour Pantai Coro
image : https://www.instagram.com/rien_atjeh/

Dari namanya aja kedengaran serem ya. Dalam bahasa jawa, “coro” berarti kecoa. Entah kenapa pantai ini diberi nama seperti itu, padahal pantai ini sama sekali bersih dari kecoa. Malahan indah, bersih, dan keren.

Pantai ini sebenarnya deket banget dengan pantaiyang terkenal banget di Tulungagung, yaitu pantai Popoh. Tapi berbeda dengan pantai Popoh yang aksesnya mudah, akses ke pantai Coro cukup sulit loh. Perjalanan menuju ke pantai ini adalah sekitar 2 km berjalan kaki dari tempat parkir terakhir. Mungkin jika dibaca terasa jauh ya, tapi sebenarnya cukup dekat lah. Cuma sekitar 20 menit berjalan kaki.

Nah dalam perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan pedesaan yang segar. Banyak ladang dan kebun milik penduduk setempat. Kamu juga akan melalui 7 sungai kecil yang cukup indah dan segar. Ketika sudah sampai di pantai, hmmm, ditanggung bakalan betah. Tapi ingat untuk membawa perbekalan karena tidak ada orang yang berjualan di sana.

Tebing Banyu Mulok

Kalijaga Tour Tebing Banyu Mulok
image : google.com

Banyu Mulok sebenarnya satu “paket” dengan Pantai Coro. Karena jika ingin ke Banyu Mulok, kamu harus ngelewati Pantai Coro dulu. Dan amat sangat rugi kalo ke pantai Coro tapi nggak mampir ke Banyu Mulok.

Arti Banyu Mulok dalam bahasa Indonesia adalah “Air Naik”. Kenapa? Karena ombak besar dari samudra Hindia ini menghantam bibir tebing sehingga menyebabkan airnya naik ke atas. Seru banget.

Yang harus diingat tempat ini bukan tempat berenang. Banyu Mulok hanya berupa tebing-tebing karang yang tinggi. Kamu bisa berfoto-foto di situ dan mengabadikan keindahannya, namun harus hati-hati dan mematuhi rambu-rambu yang ada di sekitar tebing. Kalo nggak, bisa terjun bebas ke bawah!

Cukup keren kan pantai-pantai di Tulungagung? Next time kita akan membahas wisata lain yang ada di Tulungagung. Stay tune yaaaa!

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)