Jelas, backpacking berarti jalan-jalan dan berkelana dengan duit terbatas. Kamu gak bisa seenaknya booking hotel atau naik taxi ke mana-mana. Mending menghemat duit untuk keperluan lain yang lebih penting.

Buat kamu yang baru ingin memulai menjadi backpackers, bisa deh mencoba beberapa trik hemat selama backpacking ini supaya kamu bisa menghemat uang lebih banyak selama backpacking.

Tinggal Di Rumah Sodara/Teman

Ini trik yang paling mudah. Jika kamu ingin bepergian ke sebuah kota, cari tahu apakah ada sodara atau teman yang tinggal di sana. Dengan begitu kamu bisa numpang nginap di sana selama beberapa hari. Ditanggung deh kamu bisa menghemat biaya sewa hotel dan biaya makan. Karena biasanya sodara dan teman akan menjamu kamu. Tapi ingatlah untuk selalu tahu diri. Ketika kamu tinggal di sana, bantu mereka bersih-bersih, cuci piring, atau pekerjaan rumah lainnya. Dan kalo bisa jangan lama-lama.

Kamu juga bisa melakukan hal kebalikan ini. Alih-alih mencari sodara yang tinggal di tempat yang akan kamu kunjungi, kamu bisa memilih tempat kunjungan di mana sodara/temanmu tinggal. Umpamanya kamu ingin ke Bali, tapi kamu gak ada sodara dan teman di sana. Nah, coba batalkan rencana ke Bali dan cari tahu kira-kira sodara/temanmu tinggal di mana aja. Siapa tahu mereka tinggal di Malang, kamu bisa booking perjalanan ke Malang meskipun itu bukan tujuan kamu awalnya. Asik kan?

Ketahui Tujuan

Sangat disarankan kamu mengetahui tempat-tempat mana saja yang harus kamu kunjungi. Baca-baca aja kira-kira tempat mana yang recommend dan cari tahu berapa biaya untuk ke sana. Selalu cari rute yang paling murah, meskipun rutenya jadi sedikit lebih jauh dan muter-muter dulu. Toh tujuanmu kan jalan-jalan, jadi walaupun muter kemana-mana kamu tetep bisa menikmatinya.

Woofing

Belum ada terjemahan yang pas untuk kata ini. Tapi istilah Woofing berarti kamu bekerja di sebuah tempat sebagai ganti akomodasi yang mereka berikan. Ada banyak sekali tempat seperti ini di dunia ini. Biasanya tempat ini memang sengaja dibuat demikian oleh pemiliknya. Asal kata Woofing adalah dari WWOOF yang merupakan kepanjangan dari Willing Workers On OrganicFarms. Awalnya WWOOF menawarkan tempat tinggal dan makan gratis di peternakan dan pertanian organik, di mana kamu bisa bekerja di sana sekitar 3-4 jam, sebagai gantinya kamu mendapat tempat tinggal dan makanan gratis. Woofing sangat terkenal di antara para backpackers.

Hal ini kemudian berkembang ke tempat lain, sepertin misalnya ada sebuah kursusan bahasa asing yang menawarkan tempat tinggal dan makan gratis bagi para bule yang datang ke kota itu, asalkan para bule ini mau mengajarkan bahasa asing kepada murid-murid yang ada di situ.

Rumah Ibadah

Jika udah kepepet banget, kamu bisa menginap di rumah ibadah seperti masjid dan gereja. Datangi pengurus rumah ibadah itu, dan jelaskan keadaan kamu. Biasanya mereka akan bermurah hati untuk membantu kamu. Dan biasanya pula ada pekerjaan yang mereka berikan kepadamu. Misalnya kamu boleh tinggal di masjid asalkan kamu menjadi Muazzin (tukang Adzan), dll. Ingat pula ada tata krama dan aturan yang disesuaikan dengan hukum agama masing-masing. Yaaah, cara ini boleh dibilang cara terakhir jika kamu sudah kepepet banget.

Stasiun/Terminal/Bandara

Untuk menghemat biaya, kamu bisa juga tidur di stasiun atau bandara. Seumpama kamu harus berangkat besok pagi melanjutkan perjalanan ke suatu tempat, maka mendingan kamu tidur di stasiun/bandara, ketimbang menyewa hotel semalam doang.

Itu adalah trik hemat selama backpacking sederhana yang biasanya digunakan para backpackers untuk menghemat keuangan mereka. Bisa kamu tiru sih kalo lagi kepepet.

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)