Pantai Banyu Anjlok Malang. Berlokasi didusun Lenggoksono, desa Tirtoyudo, Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan rute yang berliku serta penuh tantangan, salah satu wisata pantai Malang Selatan ini menawarkan sejuta pesona, tentunya bisa membuat anda ketagihan untuk kembali datang kemari. Destinasi wisata ini bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan dari kota Malang.

Tempat wisata pantai Malang Selatan ini telah menjadi primadona baru bagi para traveller muda yang suka akan petualangan. Mengingat medan yang akan ditempuh membutuhkan usaha keras untuk melewatinya. Tentunya destinasi wisata Malang ini akan menjadi suatu hal wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berwisata ke Malang, khususnya di Malang Selatan.

Ikon dari pantai ini adalah air terjun. Dengan ketinggian sekitar 3 meter, dan juga terdapat bebatuan di sekitar air terjun, sangat cocok jika digunakan untuk memanjat. Apakah di Batu Anjlok hanya terdapat air terjun saja? ternyata tidak. Ada juga Goa dengan nama Goa Sarang Wallet. Tetapi anda harus memiliki senter untuk masuk ke dalam goa tersebut, karena sangat gelap dan tidak ada penerangan sama sekali.

Keunikan Pantai Banyu Anjlok Malang

keunikan pantai banyu anjlok

Dalam terjehaman bahasa Indonesia bebas, kata “anjlok” dapat diartikan air jatuh. Penamaan tersebut dikarenakan memang dipantai ini terdapat sebuah air terjun kecil namun  lebar setinggi 7 meter dari permukaan tanah serta berada dibagian bibir pantai. Keunikan dari air terjun tersebut adalah menghadap kearah pantai kemudian bermuara disitu pula. Tempatnya nan jauh dari perkampungan warga serta akses lumayan rumit, memungkinkan tempat wisata pantai Malang ini tetap terjaga kebersihannya, suasana alam masih sangat terasa.

Jika musim hujan tiba, air terjun tersebut mempunyai debet air sangat banyak. Air terjun tersebut akan langsung mengalir menuju pantai. Uniknya, Air di pasir menjadi payau karena adanya percampuran air tawar bersama air asin yang berasal dari laut. Di bagian atas air terjun terdapat genangan semacam kolam kecil dan dapat dipergunakan untuk berendam atau berenang. Air kolam kecil ini yang nantinya akan mengalir serta tumpah melewati bebatuan.

Pasir di pantai Banyu Anjlok Malang bertekstur halus serta berwarna kecoklatan dengan dikelilingi oleh tebing-tebing batu berwarna kehitam-hitaman. Warna air lautnya juga hampir sama dengan pantai Lenggoksono karena memang tempat wisata tersebut masih dalam satu wilayah. Namun ada beberapa perbedaan diantaranya adalah di tempat wisata pantai Malang ini warna pasir pantainya lebih kecoklatan sehingga birunya air laut tidak terlalu kelihatan.

Cek Juga : Pantai Goa Cina

Dua Rute Menuju Pantai

rute ke pantai banyu anjlok

Rute ke tempat wisata ini dipenuhi dengan trek berliku-liku serta terdapat belokan tajam sepanjang perjalanan. Namun, indahnya pemandangan alam pegunungan yang selalu menghiasi perjalanan anda akan menjadi pelipur lara bagi kesedihan anda. Dengan gaya ciri khas dari trek pegunungan, yaitu dengan banyaknya pepohonan tinggi, anda juga dapat melihat tingginya gunung Semeru dalam perjalanan.

Jika kita menggunakan GPS, cara termudah untuk sampai ketempat ini adalah kita bisa mencari lokasi wisata Pantai Lenggoksono terlebih dahulu. Sebelum sampai ke Pantai Banyu Anjlok Malang, kita akan melalui wisata pantai Lenggoksono. Tempat tersebut, mewajibkan kita untuk membeli karcis untuk masuk dan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Terdapat dua jalur atau rute yang dapat kita tempuh dari Lenggoksono menuju Banyu Anjlok. Pertama, anda bisa melalui jalur laut dengan memakai perahu. Jika menggunakan alternatif ini, kita akan bisa melihat indahnya dua tempat yang juga digunakan untuk wisata, yaitu Pantai Bolu-bolu dan Teluk Kletekan. Tempat ini yang biasa dipakai sebagai tempat melakukan wisata snorkeling (anda juga bisa menyewa peralatan untuk snorkling yang berada di pos tiket khusus wisatawan).

Alternatif kedua adalah via jalur darat. Jika melalui jalur ini, kita diharuskan mempunyai tenaga lebih, Karena trek yang akan kita lalui memang benar-benar ekstrem. Dan perlu diingat, bahwa untuk rute kali ini tidak bisa dilalui dengan menggunakan mobil atau kendaraan beroda empat lainnya. Di rute ini hanya ada jalan setapak, yang hanya bisa dilewati dengan kendaraan roda dua.

Namun, kebanyakan para wisatawan akan memilih alternatif pertama demi keamanan serta kenyamanan. Dan juga, dengan menggunakan alternatif pertama kita bisa merasakan pantai Bolu-bolu dan Teluk Kletekan dan tentunya lebih seru.

Hal Menarik Tentang Banyu Anjlok

hal menarik tentang banyu anjlok

Seperti yang sudah di bahas tadi, di pantai banyu anjlok ini, anda juga bisa memanjat tebing, lho! Tetapi sebelum memanjat tebing, harus melihat terlebih dahulu apakah tirai air terlalu pekat atau tidak. Jika kondisi aman, anda bisa menerobos untuk menemukan ceruk atau goa di bagian belakang dari air terjun tersebut. Ingat, curah air harus tetap diperhatikan saat anda ingin memanjat tebing. Karena akan sangat licin jika tirai air sangat deras.

Disana ada seutas tali yang sudah disediakan untuk membantu anda memanjat. Tentunya akan menjadi pengalaman yang seru untuk anda. Jika anda suka tantangan, cobalah memanjat tebing ini dan nikmati pemandangan di atas tebing setelah selesai memanjat.

Ada lagi hal lain yang menarik di pantai banyu anjlok ini, yaitu kolam air tawar yang sangat jernih. Letaknya tepat sebelum puncak dari tebing karang, dan curahan air terjun dari banyu anjlok. Sambil melihat indahnya pemandangan pantai, dan berendam di dalam kolam air yang sangat tenang, tentunya anda sangat betah di kolam ini. Karena kolam ini juga dari air tawar, tidak akan terasa lengket di tubuh anda.

Satu lagi area yang bisa dijadikan spot untuk foto yang sangat Instagramable, yaitu di puncak tebing banyu anjlok. Spot terbuka di puncak tebing karang ini bisa anda kagumi untuk melihat seluruh keindahan alam di banyu anjlok ini. Kapan lagi anda bisa menikmati pemandangan laut selatan dan terletak di atas bukit? Tentunya semua ini bisa anda dapatkan di daerah batu anjlok ini!


Demikian sedikit informasi tentang Pantai Banyu Anjlok Malang. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda tertarik dengan Pantai Banyu Anjlok, Pantai Bolu-Bolu, serta Teluk Kletekan, anda bisa langsung bertanya kepada kami, KalijagaTour Travelling Malang.

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)