image : google.com

Oke, kamu sudah beberapa kali mengunjungi alam lepas, dan kini butuh tantangan baru yang lebih seru. Saatnya kamu mengunjungi kawah Ijen yang terletak di Gunung Ijen yang terletak antara Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung berapi aktif ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan konon memiliki keunikan yang amat jarang dimiliki tempat lain. Banyak turis lokal dan mancanegara yang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan serta tentangannya. Kamu berani?

Ya, dibutuhkan sedikit keberanian karena kawasan kawah ini mengeluarkan asap beracun yang sangat berbahaya. Tapi jangan khawatir, karena aktivitas beracun ini memiliki waktunya sendiri yaitu sekitar jam 2 siang. Sehingga pada jam itu, kawasan kawah ijen yang menakjubkan itu ditutup. Tetapi kamu masih boleh mengunjungi kawah indah ini sebelum jam itu.

image : google.com

APA ITU KAWAH IJEN?

Kawah Ijen adalah sebuah danau kaldera berwarna hijau kebiruan. Di sekitar kawah terdapat kabut dan asap belerang yang menambah keindahan kawah ini. Kamu hanya bisa menikmati kawah ini dari puncak gunung Ijen karena untuk mendekatinya sangat berbahaya. Menurut catatan, danau ini memiliki suhu yang sangat panas, sekitar 200 derajat celcius. Juga airnya memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Begitu tingginya sampai bisa melarutkan tubuh manusia.

Tapi jangan khawatir, kamu dapat menikmati keindahan kawah ini dari kejauhan, karena memang justru dari kejauhanlah segala keindahan dan keagungan alam Kawah Ijen baru dapat dinikmati. Saat matahari menyinari di pagi hari, itulah saat yang paling indah di kawasan ini.

image : google.com

Selain pemandangan pagi hari yang menakjubkan, ada lagi sebuah pemandangan terbaik yang konon cuma ada 2 di dunia, yaitu di Islandia dan di Ijen. Pemandangan menkajubkan ini adalah Api biru (Blue Fire) yang cuma bisa dinikmati pada malam hari. Biasanya waktu terbaik adalah sekitar jam 2 sampai jam 4 dini hari.

Tidak banyak pemandangan yang bisa kita temukan di kawah Ijen, tetapi pesona kawasan ini amat sangat indah sehingga kita tidak membutuhkan pemandangan-pemandangan lain, karena memang pemandangan lain jarang ada yang semenakjubkan kawah ijen ini.

KEINDAHAN BELERANG YANG MEMUKAU

Tidak lupa pula, kehidupan para penambang belerang di sekitar kawasan kawah. Dengan peralatan sederhana dan cara tradisional setiap hari mereka mengumpulkan belerang yang berada di dasar kawah. Kegiatan ini merupakan keunikan tersendiri yang tidak boleh kamu lewatkan saat datang ke kawah Ijen.

Pemerintah Banyuwangi pun aktif mempromosikan kawasan ini dengan mengadakan beberapa event berkelas Internasional seperti Jazz Ijen Banyuwangi, Tour de Ijen, dll. Jadi banyak sekali hiburan yang bisa kamu dapatkan di sini.

kawah ijen
image : google.com

Kalo kamu sudah memutuskan untuk datang ke sini, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik kamu karena dibutuhkan perjalanan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh beberapa kilo. Bawa pula baju hangat dan jaket yang tebal karena kawasan ini sangat dingin. Lebih baik jangan pake jenas, karena bahan jeans justru membuat lebih dingin.

Juga siapkan penutup hidung karena bau belerang yang khas sering terbawa angin dan memasuki pernapasan. Tapi jangan khawatir, secara overall kawasan Ijen adalah sebuah kawasan yang sangat aman untuk dikunjungi asalkan kamu memperhatikan petunjuk dari petugas-petugas yang berada di sana. Apalagi jika kamu diantar oleh guide berpengalaman yang sangat menguasai daerah itu.

Jika kamu membutuhkan jasa guide yang oke untuk menuju ke kawah ijen yang menakjubkan ini, silahkan hubungi kami.

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)