Saat mendaki gunung, tentunya perlu persiapan yang matang dan terencana bukan? Tak hanya persiapan fisik dan mental yang sehat saja. Persiapan alat-alat untuk pendakian juga harus tersedia dan berfungsi dengan baik. Sebab jika ada alat yang tidak berfungsi, maka aktifitas pendakian Anda akan terganggu.

Pastikan anda akan membawa beberapa perlengkapan di bawah ini. Karena selain untuk perlengkapan anda sendiri, anda juga butuh berbagi dengan sesama pendaki. Karena ingat, rule tidak tertulis dari para pendaki adalah saling membantu satu sama lain. Selain mengingatkan, anda juga harus bersiap diri dari segala hal.

pendaki gunung

Untuk pendaki gunung, dalam artikel kali ini Kalijaga Tour akan merangkum peralatan apa saja yang harus dibawa saat mendaki gunung. Berikut ini alat-alatnya :

Tenda

Jika anda ingin bermalam di alam bebas, tentu anda perlu menyiapkan tenda. Ukuran dari tenda sendiri dapat anda tentukan, terutama jika anda sudah bersiap terlebih dahulu berapa orang yang akan mendaki dengan anda, dan berapa orang yang akan satu tenda dengan anda. Tetapi jangan membawa tenda dengan ukuran yang terlalu besar, karena membawa tenda yang terlalu besar juga bisa menghambat jalnnya pendakian.

Saat anda memasang tenda, pastikan tenda yang anda pasang sangatlah kuat dari beberapa penjuru. Karena akan menjaga tenda anda jika muncul angin di tempat istirahat anda. Pastikan juga beberapa bagian tenda anda tidak robek, karena bisa juga jadi menghambat anda saat beristirahat.

Sleeping Bag dan matras

Selain tenda, anda juga membutuhkan sleeping bag untuk tidur. Ini akan sangat berguna untuk anda yang posisi tidurnya mudah berubah saat tengah malam. Akan sangat mengganggu teman anda yang lain jika anda terus bergerak di dalam tenda, apalagi banyak orang yang berada di satu tenda. Keuntungan anda membawa Sleeping Bag adalah tubuh anda menjadi lebih hangat saat anda tidur.

Bawalah sleeping bag yang baik kualitasnya dan sesuaikan dengan ukuran tinggi badan Anda. Jangan lupa untuk membawa matras yang berguna sebagai alas tidur. Biasanya tanah yang digunakan sebagai alas masih terasa dingin meskipun Anda sudah menggunakan sleeping bag.

Cek Juga : Pantai Banyu Anjlok

Jaket

Tentu ini adalah barang bawaan wajib disaat anda ingin mendaki gunung, karena situasi saat mendaki dan udara disana sangatlah dingin. Tidak heran bahwa untuk beberapa orang, ada yang memakai jaket dobel agar tubuhnya merasa lebih hangat. Jangan sampai anda lupa untuk membawa jaket saat anda akan mendaki gunung. Jika anda perhatikan, warga sekitar daerah gunung pun juga perlu memakai jaket meski mereka sudah biasa dengan suhu di tempat mereka tinggal. Apalagi kita yang datang dari jauh yang tidak biasa dengan udara dingin di daerah gunung.

Jaket dengan bahan dari katun atau wol adalah pilihan baik untuk dipakai di gunung. Bahkan jaket gunung sudah banyak yang memiliki fungsi waterproof, weatherproof, dan breathable. Perlu diingat bahwa jangan membawa jaket dari bahan jeans karena jika terkena basah, sulit dan lama untuk kering.

Tas ransel (carrier)

Tas ransel atau carrier merupakan alat utama dalam mendaki gunung. Gunakan carrier yang sesuai dengan ukuran badan Anda. Berbagai macam kapasitas dari tas carrier yakni 40L, 50L, 60L dan 80L. Bila tubuh Anda kecil, gunakanlah tas yang ukurannya agak kecil. Bentuk dan berat tas yang berlebihan dapat mengganggu kenyamanan dalam mendaki.

Pastikan tas ransel anda berfungsi dengan baik saat sebelum mendaki. Dan juga jangan sampai barang bawaan anda terlalu penuh, sampai anda susah untuk menutup tas. Karena selain anda kesusahan untuk menutup tas, juga anda akan kesulitan jika anda membutuhkan barang tertentu di tengah perjalanan. Anda dapat mengatasi hal ini dengan cara menaruh barang sesuai dengan urutan kebutuhannya, sehingga jika anda membutuhkan barang tertentu di waktu dekat, barang tersebut berada di dekat resleting tas atau bagian atas dari tas tersebut.

Sepatu hiking

Karena mendaki gunung dilakukan dengan jalan kaki, maka perlindungan terhadap kaki sangat diperhatikan. Kaki pendaki harus terlindung agar tidak terluka selama perjalanan. Gunakanlah sepatu hiking yang ukurannya pas dan nyaman saat digunakan mendaki.

Jangan lupa, jika anda sudah memilih sepatu untuk hiking dengan kualitas tinggi, anda juga harus menyiapkan kaos kai dengan kualitas yang tinggi pula. Karena kaos kaki juga akan menjaga kaki anda dari lecet. Jika anda mendaki hanya dengan menggunakan sepatu, tetapi anda tidak menggunakan kaos kaki, tentu akan mengganggu anda jika perjalanan mendaki anda sudah melebihi dari setengah jalan.

Perlengkapan memasak dan logistik

Peralatan masak dan logistik yang cukup juga sangat penting untuk dibawa pendaki gunung. Pastikan persediaan makanan dan minuman cukup untuk dikonsumsi selama di gunung. Bawalah juga kompor gas dan tabung gas portable yang praktis dalam bongkar pasang sehingga tidak repot saat akan digunakan memasak.

Biasanya para pendaki juga sudah merencanakan barang bawaan ini dari awal, dan juga dibawa oleh anggota tertentu. Usahakan untuk membawa alat makan dengan bentuk plastik, karena akan aman jika anda masukkan di tas dan terhimpit dengan bahan lainnya. Akan sangat beresiko jika anda menaruh piring atau gelas kaca di dalam tas dengan penuh barang bawaan untuk mendaki.

P3K dan obat-obatan

Perlengkapan ini juga jangan sampaai lupa dibawa. Sediakan kapas, perban, obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin, dan obat khusus bagi penderita penyakit tertentu. Kita tidak akan tau kondisi saat mendaki seperti apa, maka dari itu pencegahan juga perlu, dan juga anda tidak akan khawatir jika ada teman kita yang kakinya lecet, atau teman yang memerlukan obat tertentu disaat mendaki.

Jas hujan

Jas hujan atau ponco berguna untuk melindungi tubuh pendaki gunung dan carrier Anda jika tiba-tiba turun hujan saat di jalur pendakian. Karena seringkali cuaca di gunung tiba-tiba berubah dari cerah menjadi mendung dan hujan lebat. Karena tempat kita yang jauh lebih tinggi daripada di daratan, maka kitalah yang akan merasakan hujan terlebih dahulu, dan juga air hujan di atas gunung saat mendaki sangatlah dingin. Maka dari itu persiapkan jas hujan dengan kualitas terbaik, agar anda aman saat mendaki meski dalam kondisi cuaca hujan deras.

Trekking pole

Alat ini berfungsi membantu menjaga keseimbangan pendaki gunug saat berjalan di jalur pendakian. Apalagi jika jalur yang dilalui cukup curam dan licin, pastinya alat ini sangat berguna menjadi pegangan dan pijakan dalam menapak jalan gunung.

Bagaimana? Anda sudah tau kan, apa saja barang yang harus anda siapkan saat anda akan mendaki gunung? Jangan lupa pendaki gunung untuk memeriksa kondisi tubuh dan juga mental, karena anda perlu sigap saat anda mendaki nanti. Jika anda membutuhkan agen travel yang dapat menemani kegiatan liburan anda, anda dapat langsung menghubungi kami, Kalijaga Tour. Kami akan siap menemani anda dan mengantarkan anda ke tempat wisata yang tidak akan bisa anda lupakan seumur hidup anda!

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)