Malang sebagai kota pendidikan dan kota wisata, menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang begitu kaya dengan kulinernya. Selain unik, rasanya nikmat, serta sangat murah. Banyak sekali pendatang dari luar Malang yang terkaget-kaget dengan harga makanan di Malang.

Kalo kamu kebetulan mampir di kota ini, maka wajib banget untuk menikmati kuliner Malang yang sangat terkenal ini. Ditanggung memuaskan dan kebersihannya sangat terjaga. So, silahkan tambahkan makanan-makanan ini ke dalam daftar list makanan wajib di malang yang harus kamu cicipi selama hidup kamu.

Bakso Malang

Malang sangat terkenal dengan baksonya. Konon kata banyak pendatang di Malang, hampir semua bakso di Malang rasanya sangat enak, meskipun itu hanya sekedar bakso keliling dan kaki lima. Dalam satu mangkok ada banyak sajian nikmat yang bisa kamu pilih. Ada gorengan, tahu, pangsit, dan lain-lain. Bahkan juga baksonya pun sangat unik dengan isi dalamnya yang bermacam-macam seperti isi telur ayam, isi telur puyuh, isi keju, dll. Salah satu tempat makan Bakso paling terkenal di Malang adalah Bakso President yang letaknya di pinggiran rel kereta api dan pengunjungnya sangat ramai. Selain Bakso President, ada juga bakso Cak Man yang rasanya tidak kalah nikmat.

Bakso Bakar

Bakso Bakar merupakan hasil kreasi Pak Suparman atau yang dikenal dengan nama Pak Man, sekitar tahun 1997. Kreasinya ini menjadi heboh di Malang, dan banyak orang datang ke warung kecilnya di daerah Jalan Diponegoro untuk menikmati karyanya itu. Beberapa orang malah ikut membuka warung dan restoran yang menjajakan makanan ini.

Bakso bakar adalah bakso sapi yang dibakar bagaikan sate, lalu disajikan seperti sajian bakso umumnya yakni bersama kuah, mie, laksa, dll. Sangat enak. Wajib dah pokoknya. Di Malang ada beberapa tempat yang menjual bakso bakar, seperti di daerah Pahlawan Trip atau deket kampus ABM.

Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur berupa nasi berkuah hitam yang rasanya gurih. Potongan daging sapi di dalam kuah hitam Rawon lah yang merupakan primadona dari makanan ini sendiri. Selain itu, rawon juga sangat enak dinikmati bersama tempe mendol dan kerupuk udang.

Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di Malang. Hampir setiap warung mulai dari yang sangat kecil sampai dengan restoran besar menyediakan rawon dalam menunya. Salah satu restoran yang paling terkenal Rawonnya adalah Restoran Rawon Nguling yang terletak di jalan Zaenal Arifin.

Orem-Orem

Jarang sekali orang yang menjual makanan ini di Malang. Tetapi jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati orem-orem ini di sekitar daerah kampus Universitas Malang. Orem-orem adalah berupa  irisan ketupat dan daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Kuahnya mirip kuah opor atau lodeh, namun masih lebih kental lagi.Untuk menjaga kualitas rasa alaminya, Orem-Orem dimasak di atas bara api dari arang, bukan api kompor. Orem-Orem biasanya disajikan bersama tempe goreng, telur asin, kerupuk dan Mendol.

Ketan

Di Malang, nasi ketan disajikan bermacam-macam. Biasanya dengan larutan gila merah atau bubuk kedelai. Tapi kemudian dimodifikasi dengan campuran kacang, susu kental, keju, atau coklat. Banyak sekali tempat yang menyajikan ketan dan biasanya buka pada malam hari, karena sajian ini memang cocok dinikmati bersama kopi panas di malam hari.

Tempat yang paling terkenal yang menyajikan sajian ini adalah Pos Ketan yang berada di kota Batu, di dekat alun-alunnya. Banyak pejabat dan selebritis yang mampir ke tempat kecil itu hanya untuk menikmati sepiring kecil ketan ini. Jika kamu sempat mampir ke sana, jangan kaget kalo tempat sekecil itu rame banget dan kamu harus mengantri gila-gilaan.

Cwie Mie

Jika dilihat sepintas, Cwie Mie memang mirip dengan mie ayam biasa. Bedanya, kuliner asli Malang ini menggunakan daging ayam yang dihancurkan sehingga mirip bubuk. Rasa Cwie Mie terbilang sangat unik. Biasanya mie pada umumnya memiliki rasa yang cenderung manis, beda dengan Cwie Mie yang justru cenderung lebih asin.

Cwie Mie biasanya disantap dengan kuah gurih, daun selada segar, serta taburan bawang goreng. Uniknya lagi, makanan ini disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari pangsit.

Kalo kamu penasaran dengan rasa unik Cwie Mie, datang saja ke Resto Hot Cwie Mie Malang di Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo Batu. 

Angsle

Angsle adalah sejenis minuman yang mirip dengan sekoteng atau ronde. Angsle biasanya disajikan hangat-hangat sehingga sanget enak jika dinikmati saat malam hari atau ketika cuaca dingin. Cocok banget dengan hawa Kota Malang yang terbilang dingin di malam hari.

Komposisi isi Angsle sendiri juga hampir mirip dengan sekoteng, seperti irisan roti, dan kacang hijau rebus. Bedanya, masihada tambahan Petulo/putu mayang, tape singkong, bubur mutiara, dan ketan putih kukus. Sekoteng juga tidak menggunakan kuah santan, sebaliknya Angsle menggunakan kuah santan yang direbus dengan daun pandan yang wangi.

Huuuu, gimana? Pengen kan makan makanan wajib di Malang? Yuuuk, mampir ke Malang.

WhatsApp Tanya Gratis Kok :)